Tumbuhkan Cinta Budaya Lewat Latihan Karawitan PKK JAMPRONG dan PEMUDA KARANG TARUNA JAMPRONG Bersama Ki Dalang Arif Agus Salim di Balai Desa Jamprong

  • Jan 15, 2024
  • Jamprong

Jamprong - (Sabtu/13/1/2024) Siang- Seni Karawitan merupakan salah satu jenis musik tradisional yang berasal dari Jawa. Biasanya, karawitan ini sering disebut dengan musik gamelan. Pembawaannya juga cenderung lembut dan halus. Nilai-nilai yang berkaitan dengan keindahan, sejarah, budaya, spiritual, kepemimpinan, sosial dan psikologis. Seni karawitan dikemas dengan alunan instrumen dan vokal yang sangat indah sehingga mudah dinikmati oleh semua kalangan. Selain disebut sebagai kesenian klasik, seni karawitan sering disebut sebagai salah satu warisan seni dan budaya yang kaya akan nilai historis dan filosofis. Pada karawitan, laras yang digunakan yaitu ada dua jenis; laras slendro dan laras pelog. Laras dan slendro memiliki arti satu gembyangan atau oktaf yang dibagi menjadi lima nada dengan interval yang sama rata. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh ki Dalang Agus Salim selaku petalih karawitan di Jamprong.

Kegiatan ini diikuti oleh Ibu-Ibu PKK dan Pemuda Karang Taruna Desa Jamprong. Mereka sangat antusias dengan latihan karawitan tersebut dan mengaku sangat terhibur serta muncul perasaan bangga telah ikut melestarikan kesenian tradisional. Pada latihan pertama kemarin mereka belajar Gendhing Ladrang Wilujeng (Slamet) Pt Slendro, dan masih merasa kesulitan untuk memainkan alat musik gamelan, karena kebanyakan dari mereka baru pertama kali memegang alat musik tersebut. Hal tersebut tidak mematahkan semangat mereka untuk terus belajar. Bahkan mereka berkali-kali meminta kepada pelatih untuk mengulangi latihan menggunakan gendhing tersebut.

Kegiatan latihan ini akan dilaksanakan rutin 1 kali dalam seminggu. Karena banyaknya peminat yang mengikuti latihan ini, latihan akan dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok PKK dan Kelompok Pemuda Karang Taruna. Rencananya setelah para pengrawit pemula ini mahir dalam memainkan alat musik tradisional nantinya akan ditampilkan diberbagai event desa. Dengan kegiatan seperti ini Masyarakat Desa Jamprong akan lebih mengenal budaya tradisional dan memberikan semangat serta motivasi bagi generasi muda yang ada  di Desa Jamprong maupun desa yang lain untuk terus melestarikan budaya jawa.