Warga Desa Jamprong Gelar Gas Deso atau Sedekah Bumi 2024

  • May 06, 2024
  • Desa Jamprong

Jamprong(3/5), Warga  Dusun Krajan dan Dusun Gunung Wangon Desa Jamprong menggelar tradisi gas deso pada hari Jumat 03 mei 2024. Tradisi sedekah bumi ini digelar di Dusun Krajan di Pendopo pada hari Jumat pukul 09.00 WIB, Dusun Gunung wangon di Sendang Nongo pada hari Jumat pukul 13.00 WIB.
Acara gas deso atau sedekah bumi digelar dalam rangka acara tahunan setelah musim panen tiba. Acara tersebut merupakan simbol persatuan dan kesatuan. Gas Deso punya makna kebersamaan, kerukunan, saling memberi dan menerima dengan ikhlas dan riang gembira.

Warga Dusun Krajan juga menyembelih 3 ekor kambing,1 ekor sapi dan ayam yang tak terhitung jumlahnya pada Hari Jumat pukul 00.00 WIB dini hari di Pendopo. Keesokan harinya warga juga membawa makan untuk dibacakan doa bersama.Usai tokoh agama membacakan doa, semua warga kemudian berebut makanan yang telah disajikan berbungkus godong jati. Ada yang dimakan di tempat, ada juga yang dibawa pulang.

Tak hanya itu saja,acara gas deso atau sedekah bumi kali ini semua warga sangat berantusias untuk membagi bagikan uang sesudah tokoh agama membacakan doa. hal ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.