Diskominfo Tuban Gelar Pembinaan KIM, Ini Tujuannya

Tubankab - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban menggelar Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Tuban di Pendopo Kecamatan Tuban, Kamis (26/04).

Imadudin, S.E. Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Informasi Publik pada Diskominfo Tuban saat diwawancarai awak media seusai acara mengatakan, tujuan dari diadakannya pembinaan KIM ini adalah agar para peserta nantinya bisa memperluas pembentukan KIM di Tuban.

“Di kota baru ada 2 KIM, dan tujuan dari pembentukan KIM nantinya untuk masyarakat sendiri,” terangnya.

Lebih lanjut, Ima begitu sapaan akrabnya, menjelaskan tentang manfaat dari pembentukan KIM ini. Ima mencontohkan seperti pembuatan web desa. Masyarakat dapat menginformasikan segalanya tentang desa, misalnya potensi desa, kegiatan karang taruna, serta usaha kecil dan menengah (UKM) di desa, sehingga bisa menginformasikannya melalui web desa yang telah dibentuk.

Sementara itu, untuk memerangi berita hoax, pihaknya mengaku telah mengadakan deklarasi KIM Desa Sugiharjo. “Kita akan berupaya agar organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Tuban khususnya, ikut mendukung gerakan anti hoax tersebut,” ungkap pria yang juga seorang seniman tersebut.

Kemudian terkait peran media sosial dalam penyampaian informasi, khususnya menjelang tahun-tahun politik seperti saat ini, pihaknya mengaku mengundang admin media sosial, media online pada pembinaan KIM ini. Tujuannya, ikut membantu tidak memperkeruh suasana, khususnya di Pilkada ini. “Dengan pembinaan, kita ingin menciptakan suasana kondusif di Tuban,” ucapnya singkat.

Ia berharap, dengan diadakannya pembinaan KIM ini, pihaknya ingin agar masyarakat Tuban dapat mengenal informasi dengan baik dan benar. Di samping itu, lanjut Ima, masyarakat diharapkan bisa cerdas dalam menggunakan informasi. “Tidak hanya mengeshare yang baik-baik, tetapi juga bisa memanfaatkan untuk usaha,” pungkas Ima. 

Kegiatan yang dihadiri 80 peserta dari unsur perangkat desa, karang taruna, media online, admin facebook, serta KIM yang ada di Kabupaten Tuban ini, juga dihadiri oleh pemateri dari Diskominfo Provinsi Jatim dan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Tuban, yaitu Eko Setiawan, S.I.Kom, M. Med. Kom., Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik pada Diskominfo Provinsi Jatim, Sofia Kurniawati, Si, M.Si., Kasi Kemitraan Komunikasi Publik pada Diskominfo Jatim, dan Afrizal Rizkillah Ketua RTIK Tuban. (tauviqurrahman/hei).

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)